Strategi Bersaing Sehat Memanfaatkan Digitalisasi

By | May 9, 2023

Dalam dunia bisnis, persaingan akan selalu ada karena sudah menjadi resiko. Sebelumnya sudah dibahas apa saja ancaman yang dihadapi pebisnis baru, sehingga perlu dilakukannya analisis bisnis terlebih dahulu sebelum terjun dalam bisnis. Sekarang merupakan era digital, dimana semua aspek kehidupan menjadi sangat mudah. Hal ini tentu juga termasuk dalam cara dan karakteristik belanja konsumen, online marketplace menjadi tempat berlangsungnya transaksi tanpa penjual dan pembeli bertemu, kemudian dari sini muncul banyak peluang bisnis baru yang terus berkembang dan beberapa yang sudah ada menjadi berkembang. Sebutkan saja kegiatan ekspedisi sekarang menjadi lebih banyak daripada sebelumnya sehingga membuka kesempatan kerja baru dan berdampak pada ekonomi yang bergerak secara meluas.

Namun sayangnya ternyata banyak pemain lama dalam bisnis yang tidak memanfaatkan era digital ini, selain dapat menambah perluasan bisnis jika tidak mengikuti alur jalannya ekonomi lambat laun akan mengalami penurunan berujung pada kebangkrutan di depan mata karena tertinggal pesaing yang lainnya. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengikuti cara kerja ekonomi dengan memanfaatkan digitalisasi ini. Jadikan perubahan ini menjadi peluang besar untuk menjangkau lebih banyak lagi konsumen.

Ada banyak strategi bisnis yang dapat diterapkan pada era digital ini, simak lebih banyak di bawah ini :

  1. Memanfaatkan Media Sosial
    Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak membuka peluang bisnis lebih besar. Bahkan beberapa platform membuka akses jual beli seperti facebook dan instagram. Media sosial pada dunia bisnis berperan pada pemasaran, untuk menaikkan engagement seperti mengunggah konten-konten yang berkaitan dengan produk sehingga menarik minat konsumen dan berpeluang akan mengikuti media sosial tersebut. Jangan lupakan strategi iklan yang kekinian dan menarik konsumen juga patut untuk dicoba. Dengan media sosial pula manfaatkan untuk menjadi dekat dengan calon pembeli, mencari tahu minat terkini, berinteraksi dengan meninggalkan komentar serta berbalas pesan dengan mereka akan menambah kesan baik bagi suatu bisnis.

Untuk meluaskan pemasaran pada media sosial dapat dibantu dengan penerapan digital marketing. Digital marketing saat ini sangat membantu karena biasanya menggunakan teknik pemasaran memanfaatkan SEO, billboard elektronic dan sebagainya. Tidak banyak orang yang mengerti tentang digital marketing ini, namun ada juga perorangan serta perusahaan yang menyediakan jasa digital marketing dari yang full time hingga part time sehingga dapat disesuaikan dengan budget perusahaan.

  1. Memanfaatkan Website dan Marketplace
    Karena pengguna smartphone semakin banyak maka tidak ada salahnya untuk membuat website milik sendiri, dengan website tersebut membantu konsumen untuk mengenal lebih dalam perusahaan serta jenis ragam produk yang dijual. Secara tidak langsung juga sebagai media promosi, untuk itu buatlah website semenarik mungkin dan berbeda dari pesaing, karena smartphone digunakan oleh kalayak ramai maka akan lebih baik tampil sebagai mobile friendly sehingga memudahkan calon konsumen kita berseluncur di website tersebut. Serta lancarkan transaksi bisnis dalam website maupun marketplace dengan menyediakan berbagai metode pembayaran sehingga waktu chekout semakin singkat.
  2. Pertimbangkan Kolaborasi
    Kompetitor akan selalu ada oleh karena itu ternyata keadaan ini bisa dimanfaatkan dengan melakukan kolaborasi, dimana hal ini tentu saja akan menguntungkan kedua belah pihak. Menyatukan dua ide bisnis menjadikan peluang bisnis baru dapat menarik pasar, sehingga terciptanya persaingan bisnis yang sehat. Pertimbangkan semua aspek sehingga sama-sama terasa adil serta memiliki peluang berkembang yang sama.

Terlepas dari strategi diatas ada satu hal yang hukumnya wajib untuk segala bidang bisnis, yaitu selalu memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen sehingga mereka menaruh kepercayaan untuk membelanjakan uangnya. Meski remeh namun ini salah satu yang dapat unggul daripada kompetitor lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *